Hadir di Bojonegoro, Ketua Forikan Jatim Arumi Bachsin Kampanye Gemarikan

  • Whatsapp
Screenshot_2022_0315_164518_copy_323x207

TransBojonegoro.com – Sebagai langkah menurunkan angka stunting, Pemkab Bojonegoro bersama ketua forum peningkatan konsumsi ikan (Forikan) Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Kegiatan digelar di Desa Sobontoro Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, Selasa (15/03/2022).

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Ninik Susmiati, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur, kepala Bakorwil Bojonegoro, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegroro, serta forkopimcam Kecamatan Balen.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Tujuannya mendukung meningkatkan konsumsi ikan dan percepatan penurunan angka stunting di Provinsi Jawa Timur.

Dari jumlah angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), Kabupaten Bojonegoro termasuk dalam 4 Kabupaten dengan angka stuntingnya masih tinggi.

“Oleh karena itu, diharapkan dengan kegiatan Gemarikan ini dapat membantu meningkatkan konsumsi ikan menjadi lauk pauk oleh masyarakat desa khususnya Desa Sobontoro dan Desa Mulyoagung,” ucapnya.

Lanjut lanjut Arumi menjelaskan bahwa meskipun Bojonegoro tidak mempunyai laut, bukan berarti masyarakat tidak dapat menkonsumsi ikan laut. Karena potensi gizi yang ada di ikan baik dari laut maupun ikan yang dibudidayakan dengan air tawar kandungan protein dan omega tiga sama bagusnya. Terutama untuk perkembangan otak dan fisik anak.

Pencapaian konsumsi ikan di Jawa timur sekitar 41,44 kilogram per kapita tiap tahun. Jadi rata-rata masyarakat Jawa Timur mengkonsumsi ikan setiap tahunya 44 kilogram per orang. Sedangkan di Bojonegoro sebanyak tiap tahunya 30,36 kilogram per orang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan