Bupati Bojonegoro Dukung Langkah ISNU Dorong Jatim Jadi Pusat Halal Indonesia 

  • Whatsapp

TRANSBojonegoro – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mendukung penuh langkah ISNU yang mendorong Jawa Timur sebagai pusat halal Indonesia. Sebagai langkah ke sana, sebanyak 100 orang pendamping dari Kabupaten Bojonegoro mengikuti Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (PPH) di Aula SMA Negeri Model Terpadu Bojonegoro, Minggu (20/3/2022).

Sebelum kegiatan pelatihan di Bojonegoro, ISNU Jatim juga telah melakukan kegiatan yang sama di sejumlah daerah. Diantaranya di Malang, Madiun, Lamongan dan Surabaya.

Bacaan Lainnya

Menurut Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah saat ini perekonomian masyarakat Bojonegoro berangsur-angsur membaik dan naik terus seiring berakhirnya pandemi covid-19. Membaiknya perekonomian juga termasuk sektor pertanian dan industri pengolahan yang juga mengalami kenaikan yang signifikan.

Bupati Anna optimis perkembangan perekonomian Bojonegoro dan Jawa Timur terus membaik. Terkait status halal, ini akan menjadi sumber ekonomi baru yang bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

Meski posisi Indonesia saat ini di peringkat ke-4 di industri halal global. Namun ia melihat justru hal ini menjadi potensi sekaligus peluang bagi kabupaten Bojonegoro untuk mengisinya dengan meningkatkan industri halal.

“Tahun lalu IPM kami mengalami kenaikan 0,55% yang itu menjadi terbaik keempat se-Jawa Timur. Tentu hal ini juga menjadi modal kami untuk mengakselerasi industri halal di Jawa Timur,“ ujar Bupati.

Dalam pelatihan yang digelar ISNU Jatim ini, para peserta diberi pelatihan untuk menjadi pendamping Usaha Mikro dan Kecil dalam proses memperoleh sertifikasi halal melalui jalur self declare (pernyataan mandiri). Acara juga dihadiri Ketua PC ISNU Bojonegoro Dr Yogi Prana Izza.

Dalam sambutannya, Ketua PW ISNU Jatim Mas’ud Said menyatakan, pelatihan ini merupakan upaya mengupgrade pengetahuan dan keterampilan peserta yang awalnya tidak tahu menjadi paham dan ahli.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan