Tingkat Pengangguran Terbuka Bojonegoro 2021 Menurun, Dinperinaker Jemput Bola Pendataan

  • Whatsapp

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Bojonegoro terus lakukan jemput bola dalam pendataan tenaga kerja (naker) yang terlibat dalam proyek di Bojonegoro. Hasilnya, data menunjukkan tingkat Pengangguran Terbuka 2021 menurun.

Berdasarkan data FKP Ranwal RKPD 2021, TPT di 2021, jumlah pengangguran mengalami penurunan menjadi 4,82 persen dari 4,92 di 2020. Sementara peningkatan dari 2019 ke 2020 meningkat dipengaruhi oleh pandemi Covid-19. Persentase TPT di 2019 yakni 3,56.

Bacaan Lainnya

Adapun TPT merupakan persentase jumlah penganggur terbuka terhadap jumlah angkatan kerja. Keikutsertaan tenaga lokal dalam proyek di Bojonegoro pun untuk pemenuhan hak warga lokal dalam mencari pekerjaan.

Kepala Bidang (Kabid ) Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinperinaker Slamet mengatakan, telah turun lapangan demi pengecekan jumlah naker lokal yang terlibat. Pihaknya berkoordinasi dengan dinas terkait.

“Jadi proyek-proyek yang ada di wilayah Kabupaten Bojonegoro seperti proyek pembangunan jalan itu melibatkan pekerja lokal. Dalam proses pendataan di 2021, kami membuat google form yang dapat diakses secara online. Dan untuk tahun ini tetap direncanakan pendataan,” ujarnya Jumat (13/5/2022).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan