Dinkes Bojonegoro Pastikan Belum Ada Kasus Hepatitis Akut, Warga Diimbau Tetap Waspada

  • Whatsapp
qCCZGOQv8k5hYzdp

TRANS BOJONEGORO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memastikan hingga kini tidak ada kasus Hepatitis akut misterius pada anak. Sebagai langkah mengantisipasi penyakit tersebut, Dinkes mengimbau warga tetap waspada dan segera memeriksakan bila diketemukan gejala tertentu pada anak.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes dr Wenny Dyah Prajanti menyampaikan Hepatitis Akut Berat yang saat ini tengah jadi perbincangan, sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Namun dioastikan ini bukan ditimbulkan virus sama penyebab Hepatitis A, B, C, D dan E. Untuk itu masyarakat Bojonegoro khususnya para orang tua diharap selalu waspada dan mengenali gejala-gejalanya.

Bacaan Lainnya

“Hepatitis ini memiliki ciri awal Mual Muntah, Diare Berat,  dan Demam Ringan. Kemudian gejala lanjutnya Air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat. Warna mata dan kulit menguning, Gangguan pembekuan darah, kejang, dan kesadaran menurun,” jelasnya.

Dr Wenny berpesan, jika muncul gejala-gejala awal tersebut, warga diimbau tidak panik dan segera membawa pasien ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk memperoleh pertolongan. Jangan sampai menunggu gejala lanjutan muncul.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan