Peran Keluarga Menjadi Indikator Penting Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika

  • Whatsapp
Screenshot_2022-05-27-16-11-36-32

TransBojonegoro_peran keluarga dalam penanggulangan narkoba. Pertama, penting sekali untuk memahami konsep keluarga. Kedua, tindak kreatif dalam problem solving. Ketiga, orang tua berperan penting sebagai narasumber anak.

“Problematika keluarga pasti dialami. Sehingga anak remaja butuh pendampingan. Ajak juga untuk menumbuhkan spiritual,” ujar dosen peraih inovasi Bimbingan Konseling di 2021 ini.

Bacaan Lainnya

Berbagai hal yang dapat menyebabkan problematika keluarga di antaranya kepribadian toxic, komunikasi buruk, tidak ada empati sehingga anak mencari kebahagiaan di luar. Selain itu tekanan dari orang tua juga berpengaruh besar.

Tak hanya itu, pola pengasuhan antara ibu dan ayah juga turut andil menciptakan problematika keluarga. Selain itu faktor uang, mengelola rumah tangga, masalah kesehatan mental, dan perdebatan.

Umi menjelaskan, jika mengalami masalah keluarga agar tidak terjerumus yaitu menanggapi dengan dewasa dan pemikiran bijaksana. Memikirkan berbagai kemungkinan yang terjadi dan menyelesaikan masalah satu per satu hingga tuntas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan