Totalitas, 31 Peserta Pawai Representasikan Seni Budaya Khas Bojonegoro

  • Whatsapp
Screenshot_2022-08-29-13-20-44-62_copy_540x674

TRANSBojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar Pawai Budaya, Minggu (28//8/2022). Bertema Pesona Budaya Bojonegoro, pawai budaya ini berlangsung sangat meriah. Para peserta merepresentasikan Bojonegoro lewat penampilan yang menunjukkan kekayaan seni dan budaya yang beragam.

Terdapat 31 peserta yang masing-masing mengangkat tema seni budaya yang berbeda. Beberapa di antaranya bertema Wali Kidangan, Legenda Bayi Rondo Kuning, Sendang Nanom, hingga Tradisi Wiwit Panen Padi, Tari Tayub, dan Legenda Bremono Bremani. Semua adalah khas lokal Bojonegoro.

Bacaan Lainnya

Sementara beberapa peserta umum mengangkat tema variatif. Di antaranya seperti dari RS. Aisyiyah mengangkat tema Munggut, Pesta Rakyat Hadiah Tuhan Melalui Bengawan. Peserta umum dari Kampung Pancasila Kelurahan Karangpacar, Klenteng Hok Swie Bio mengusung tema Sembahyang Rebutan Sedekah Bumi. Para peserta tampil totalitas dalam merepresentasikan pesona budaya Bojonegoro baik melalui busana, riasan, atribut pawai hingga musik tradisional seperti oklik.

Rangkaian acara Pawai Budaya ini untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Peserta meliputi pelajar di tingkat SLTA/SMK/MA/Perguruan Tinggi/Umum. Rute pawai melalui Jl. P. Mas Tumapel – Jl. Mastrip – Jl. MH. Thamrin – Jl. Panglima Sudirman – Jl. Teuku Umar –  Jl. WR. Supratman – Jl. Rajawali – Jl. Imam Bonjol.

Kepala Disbudpar Budiyanto menjelaskan
tujuan kegiatan ini untuk menggali, menyosialisasikan, serta mengedukasi warga mengenai seni budaya. Selain itu juga turut serta melestarikan seni dan budaya. Rangkaian Pawai Budaya sebelumnya digelar hingga Senin (25/8/2022) untuk tingkat SD/MI, SMP dan MTs.

“Pelaksananan dua hari. Minggu dan Senin. Untuk hari ini ada 31 peserta. Dengan rincian 13 kelompok dari SMA, SMK dan MA. Sementara 18 kelompok perguruan tinggi dan umum. Sementara untuk SD/MI dan SMP/MTs sebanyak 27 peserta,” jelas Budiyanto.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awannah dalam sambutan dan arahannya mengatakan, sudah dua tahun lebih Bojonegoro tidak mengadakan pawai budaya. Sehingga, hari ini mulai ada pawai budaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan