RSUD Sosodoro Ajak Warga Bojonegoro Waspadai Osteoarthritis

  • Whatsapp
IMG_20221214_182112

Transbojonegoro.com – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro dan RSUD Sosodoro Djatikoesoemo melalui SAPA! (SELAMAT PAGI) Malowopati FM edisi Rabu (14/12/2022) mengajak warga Bojonegoro lebih mewaspadai osteoarthritis lutut.

Dengan dipandu penyiar Lia Yunita, SAPA! ini selalu dapat diikuti melalui kanal YouTube Malowopati Radio dan interaksi langsung melalui nomor WhatsApp 08113322958.

Bacaan Lainnya

Dr. Mei Ria Rahayu, Sp.KFR, spesialis rehab medik RSUD Sosodoro Djatikoesoemo menjelaskankan osteoarthritis atau degeneratif joint adalah keadaan penurunan fungsi rawan sendi, sendi lutut biasanya pada usia 50 tahun (lansia) terjadi kerusakan pada rawan sendi sehingga menimbulkan nyeri.

Kalau sudah usia tertentu, lanjut dr. Mei, bisa terkena penyakit osteoarthritis, penyebabnya bisa karena gen/keturunan, age/umur, metabolik, dan exercise.

Menurut dr. Mei jika mempunyai faktor keturunan osteoarthritis dan umur sudah lanjut maka harus lebih berhati-hati, pola makan gizi seimbang dan olahraga yang proporsional harus selalu dijaga. Kelebihan berat badan harus dihindari karena ini akan memperparah pengikisan dari tulang rawan yang ada di lutut.

Lebih lanjut dr. Mei menjelaskan gejala umum osteoarthritis ada nyeri atau sakit pada sendi, bengkak di sekitar, sendi yang mengalami peradangan, kemerahan dan terasa hangat di kulit sekitar sendi yang mengalami radang, gerakan sendi yang terbatas, otot di sekitar sendi melemah dan mengecil.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan